lppmuinjember@gmail.com 085204552324

Teliti 11 Ibu Nyai di Jawa Timur, Ilma Raih Gelar Doktor di UINSA

Home >Berita >Teliti 11 Ibu Nyai di Jawa Timur, Ilma Raih Gelar Doktor di UINSA
Diposting : Jumat, 22 Jul 2022, 09:38:08 | Dilihat : 1938 kali
Teliti 11 Ibu Nyai di Jawa Timur, Ilma Raih Gelar Doktor di UINSA


LP2M - Kamis, 21 Juli 2022 salah satu Dosen Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Ainul Churria Almalachim berhasil meraih gelar doktor di UIN Sunan Ampel Surabaya. Dosen Fakultas Dakwah yang ditugaskan di LP2M UIN KHAS Jember ini berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji internal, diantaranya Prof. H. Idri, Prof. M. Ridwan Nasir, Dr. Aan Najib, Dr. Hj. Iffah Muzammil, Dr. H. Muhammad Arif dan penguji eksternal Prof. Said Aqil Husein Munawwar dalam sidang ujian terbuka yang digelar di gedung Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya kemarin.

Disertasi Ilma -sapaan akrabnya- berjudul Kontribusi Perempuan dalam Mengembangkan Tradisi Tahfiz dan Tafsir (Studi Tokoh Pengasuh Putri Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur'an di Jawa Timur). Objek penelitiannya adalah 11 Nyai yang menjadi pengasuh pesantren tahfiz dan mengajar tafsir di Jember, Lumajang, Banyuwangi, Jombang, Kediri, Malang dan Lamongan.

Diantara hasil temuannya adalah para Bu Nyai tersebut berhasil mengembangkan metode modern pengajaran tafsir Al-Quran, tidak hanya untuk santri, tapi juga untuk masyarakat. Mereka juga mengkreasi metode baru hafalan Al-Quran sehingga memudahka para santri di dalam menghafal Al-Quran.

Ilma berhasil menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh para penguji dengan baik dan dinyatakan lulus dengan nilai sangat memuaskan. "Saya ucapkan selamat kepada saudara yang sudah berhasil menyelesaikan studi doktoral di usia yang masih cukup muda 29 tahun. Saya harap saudara terus semangat membaca dan meneliti", pesan Prof Ridwan selaku promotor. (lp2m).

Berita Terbaru

Hadirkan Reviewer dari Tujuh Provinsi, Rektor: Mereka Memberikan Horizon Baru tentang Penelitian yang Berkualitas
19 Apr 2024By oprlppm
Dorong Publikasi Dosen, UIN KHAS Jember Siapkan Insentif Publikasi Artikel Jurnal Internasional Bereputasi
05 Apr 2024By oprlppm
Terima Juknis Kemarin, LP2M Langsung Sosialisasikan Pendaftaran Bantuan Pengabdian Tahun 2024
05 Apr 2024By oprlppm

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;