header-int

Teliti 11 Ibu Nyai di Jawa Timur, Ilma Raih Gelar Doktor di UINSA

Jumat, 22 Jul 2022, 09:38:08 WIB - 339 View
Share
Teliti 11 Ibu Nyai di Jawa Timur, Ilma Raih Gelar Doktor di UINSA

LP2M - Kamis, 21 Juli 2022 salah satu Dosen Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Ainul Churria Almalachim berhasil meraih gelar doktor di UIN Sunan Ampel Surabaya. Dosen Fakultas Dakwah yang ditugaskan di LP2M UIN KHAS Jember ini berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji internal, diantaranya Prof. H. Idri, Prof. M. Ridwan Nasir, Dr. Aan Najib, Dr. Hj. Iffah Muzammil, Dr. H. Muhammad Arif dan penguji eksternal Prof. Said Aqil Husein Munawwar dalam sidang ujian terbuka yang digelar di gedung Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya kemarin.

Disertasi Ilma -sapaan akrabnya- berjudul Kontribusi Perempuan dalam Mengembangkan Tradisi Tahfiz dan Tafsir (Studi Tokoh Pengasuh Putri Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur'an di Jawa Timur). Objek penelitiannya adalah 11 Nyai yang menjadi pengasuh pesantren tahfiz dan mengajar tafsir di Jember, Lumajang, Banyuwangi, Jombang, Kediri, Malang dan Lamongan.

Diantara hasil temuannya adalah para Bu Nyai tersebut berhasil mengembangkan metode modern pengajaran tafsir Al-Quran, tidak hanya untuk santri, tapi juga untuk masyarakat. Mereka juga mengkreasi metode baru hafalan Al-Quran sehingga memudahka para santri di dalam menghafal Al-Quran.

Ilma berhasil menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh para penguji dengan baik dan dinyatakan lulus dengan nilai sangat memuaskan. "Saya ucapkan selamat kepada saudara yang sudah berhasil menyelesaikan studi doktoral di usia yang masih cukup muda 29 tahun. Saya harap saudara terus semangat membaca dan meneliti", pesan Prof Ridwan selaku promotor. (lp2m).

Unidha Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember atau UIN KHAS Jember (berdiri dengan nama STAIN Jember lalu berubah menjadi IAIN Jember) adalah sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Kabupaten Jember provinsi Jawa Timur, Indonesia. IAIN Jember didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H. Sebagai pengembangan dari IAIN Sunan Ampel Cabang Jember. IAIN Jember resmi berganti status dan nama menjadi UIN K.H. Achmad Siddiq Jember berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2021 tanggal 11 Mei 2021. UIN Jember diberi nama K.H. Achmad Siddiq, seorang ulama yang pernah menjabat sebagai Rais \\\\\\\'Aam Syuriah Nahdlatul Ulama dan perintis pendirian UIN Jember.
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube