lppmuinjember@gmail.com 085204552324

Pusat Pengabdian LP2M Bekali Calon DPL KKN dengan Pendekatan ABCD

Home >Berita >Pusat Pengabdian LP2M Bekali Calon DPL KKN dengan Pendekatan ABCD
Diposting : Kamis, 06 Jun 2024, 14:39:31 | Dilihat : 491 kali
Pusat Pengabdian LP2M Bekali Calon DPL KKN dengan Pendekatan ABCD


Rimba Camp Jember. Rabu 5 Juni 2024 sejumlah dosen dari lima fakultas mengikuti pembekalan pemdekatan Asset Based Community Development (ABCD) bagi calon DPL KKN. Acara ini difasilitasi oleh Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) LP2M LP2M UIN KHAS Jember yang dijadwalkan selama tiga hari 5-6 Juni 2024 di Rimba Camp, Suci, Panti, Jember.

Acara pembekalan dilaksanakan di tempat yang unik, asri, dan jauh dari keramaian kota. Para peserta dimanja dengan view dari Gunung Pasang Panti Jember. Di samping tempat acara, mengalir air deras nan jernih dari Gunung Pasang.

Dr. Ubaidillah, M.Pd.I selaku Kepala Pusat PkM mengatakan, “Tempat ini dipilih panitia agar peserta konsentrasi dalam belajar pendekatan ABCD . Sebab, di tempat itu pula terdapat perkampungan penduduk yang akan menjadi tempat praktek para dosen nantinya.”

Pusat PkM menghadirkan narasumber dari lokal dan dari luar Jember yang kompeten tentang pendekatan ABCD. Kegiatan ini didesain bagi dosen yang akan membimbing mahasiswa KKN. “Kami memiliki sejumlah KKN.  Ada KKN Reguler, KKN Moderasi Beragama, KKN Persemakmuran, dan KKN Pendamping Jaminan Produk Halal bulan Juli-Agustus mendatang,” paparnya.

Sementara itu, Ketua LP2M UIN KHAS Jember Dr. Zainal Abidin, M.S.I. dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Secara berangsur-angsur LP2M akan lebih banyak menggunakan pendekatan ABCD dalam kegiatan KKN.

“Pendekatan ini lebih mudah ditapahami dan diterapkan oleh mahasiswa. Selain itu, setelah saya evaluasi, beberapa pendekatan yang lain kerap menyisakan persoalan di kampung atau desa yang ditempati KKN. Mahasiswa mengindentifikasi masalah begitu banyak, namun masalah itu tidak sempat diselesaikan karena waktu KKN habis. Tak jarang hal itu memicu gesekan antara perangkat desa dengan masyarakat. Kesannya, mengidentifikasi masalah tanpa solusi sehingga semakin menambah masalah," tegasnya.

Lebih lanjut, pria kelahiran Banyuwangi ini menyampaikan bahwa LP2M akan meningkatkan output dan outcome KKN yang bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, Prodi, dan universitas.

“Kegiatan KKN harus menghasilkan laporan pengabdian kolaboratif mahasiswa dan dosen, artikel yang diterbitkan pada jurnal-junal nasional terakreditasi, buku catatan faktual mahasiswa selama KKN, dan video dokumenter kegiatan KKN sesuai program prioritas masing-masing posko. Dengan demikian, KKN benar-benar memberi manfaat bagi semua pihak. Tentu saja ini membutuhkan keseriusan dan komitmen dari dosen dan mahasiswa,” tambahnya.  

Lebih lanjut, menurutnya,  ke depan LP2M akan menyelenggaran KKN tematik, seperti stunting, pemberantasan buta aksara Al-Qur’an, desa wisata, sertifikasi halal, dan sebagainya. Tahun 2024 ini memiliki program pengabdian kolaboratif mahasiswa dan dosen serta penelitian kolaboratif mahasiswa dan dosen. “Jadi, posisi dosen adalah sebagai pembimbing. Outcome-nya adalah pubikasi ebook ber-ISBN, jurnal, dan HKI,” pungkasnya.  

 

Reporter: Abdul Karim

Editor: Moh. Dasuki

Berita Terbaru

Menyala!!! PSGA Undang Aktivis Gender Bicara Gen-Z dalam Kesetaraan Gender di Era Global
05 Sep 2024By oprlppm
Dorong Kualitas Riset dan Publikasi Ilmiah, LP2M Sosialisasi Juknis Penelitian Kolaboratif Mahasiswa-Dosen Tahun 2024
30 Aug 2024By oprlppm
Stop Kekerasan Seksual, PSGA LP2M Sosialisasi PPKS Pada Mahasiswa Baru
26 Aug 2024By oprlppm

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;