lppmuinjember@gmail.com 085204552324

LP2M Selenggarakan Sosialisasi Penulisan Buku Monograf

Home >Berita >LP2M Selenggarakan Sosialisasi Penulisan Buku Monograf
Diposting : Rabu, 14 Sep 2022, 21:02:25 | Dilihat : 943 kali
LP2M Selenggarakan Sosialisasi Penulisan Buku Monograf


Dalam rangka meningkatkan kualitas hasil penelitian dosen, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menyelenggarakan webinar sosialisasi penulisan buku monograf hasil penelitian (14/09/2022). Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan media Zoom dengan menghadirkan Prof. Sutikno dosen Universitas Negeri Semarang sebagai narasumber dan diikuti oleh para dosen di lingkungan UIN KHAS Jember.

Dalam sambutannya Ketua LP2M, Dr. Zainal Abidin menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi penulisan buku monograf ini sudah dipersiapkan sejak lama. "Kegiatan ini dilaksanakan agar para dosen yang mendapat bantuan penelitian tahun 2022 yang akan mempresentasikan progres report penelitiannya besok, bisa belajar kepada Prof. Sutikno bagaimana sekiranya hasil penelitian nanti tidak hanya berupa laporan penelitian melainkan diterbitkan menjadi artikel ilmiah atau buku monograf", papar Zainal Abidin.

Prof. Sutikno mengawali materinya dengan menjelaskan bahwa banyak orang yang salah faham dan tumpang tindih terkait perbedaan antara buku ajar dan buku monograf. Beliau kemudian menjelaskan tentang macam-macam jenis buku dan angka kreditnya, kriteria karya ilmiah dalam bentuk buku serta tantangan dalam menulis buku digital saat ini.

"Hasil penelitian yang akan diterbitkan menjadi buku harus memiliki novelty, sebab inilah yang menjadi perbedaan antara buku monograf/referensi dengan buku ajar. Selain itu juga harus mengacu kepada PO PAK tahun 2019", tegas Prof. Sutikno.

Konversi hasil penelitian menjadi sebuah buku monograf harus direview secara serius. Prof. Sutikno berpesan kepada LP2M agar melakukan telaah substantif dan mereview dengan baik hasil penelitian para dosen yang akan diterbitkan menjadi buku monograf atau buku referensi.* (LP2M).

Berita Terbaru

Hadirkan Reviewer dari Tujuh Provinsi, Rektor: Mereka Memberikan Horizon Baru tentang Penelitian yang Berkualitas
19 Apr 2024By oprlppm
Dorong Publikasi Dosen, UIN KHAS Jember Siapkan Insentif Publikasi Artikel Jurnal Internasional Bereputasi
05 Apr 2024By oprlppm
Terima Juknis Kemarin, LP2M Langsung Sosialisasikan Pendaftaran Bantuan Pengabdian Tahun 2024
05 Apr 2024By oprlppm

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;