header-int

LP2M Selenggarakan Sosialisasi Penulisan Buku Monograf

Rabu, 14 Sep 2022, 21:02:25 WIB - 40 View
Share
LP2M Selenggarakan Sosialisasi Penulisan Buku Monograf

Dalam rangka meningkatkan kualitas hasil penelitian dosen, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menyelenggarakan webinar sosialisasi penulisan buku monograf hasil penelitian (14/09/2022). Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan media Zoom dengan menghadirkan Prof. Sutikno dosen Universitas Negeri Semarang sebagai narasumber dan diikuti oleh para dosen di lingkungan UIN KHAS Jember.

Dalam sambutannya Ketua LP2M, Dr. Zainal Abidin menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi penulisan buku monograf ini sudah dipersiapkan sejak lama. "Kegiatan ini dilaksanakan agar para dosen yang mendapat bantuan penelitian tahun 2022 yang akan mempresentasikan progres report penelitiannya besok, bisa belajar kepada Prof. Sutikno bagaimana sekiranya hasil penelitian nanti tidak hanya berupa laporan penelitian melainkan diterbitkan menjadi artikel ilmiah atau buku monograf", papar Zainal Abidin.

Prof. Sutikno mengawali materinya dengan menjelaskan bahwa banyak orang yang salah faham dan tumpang tindih terkait perbedaan antara buku ajar dan buku monograf. Beliau kemudian menjelaskan tentang macam-macam jenis buku dan angka kreditnya, kriteria karya ilmiah dalam bentuk buku serta tantangan dalam menulis buku digital saat ini.

"Hasil penelitian yang akan diterbitkan menjadi buku harus memiliki novelty, sebab inilah yang menjadi perbedaan antara buku monograf/referensi dengan buku ajar. Selain itu juga harus mengacu kepada PO PAK tahun 2019", tegas Prof. Sutikno.

Konversi hasil penelitian menjadi sebuah buku monograf harus direview secara serius. Prof. Sutikno berpesan kepada LP2M agar melakukan telaah substantif dan mereview dengan baik hasil penelitian para dosen yang akan diterbitkan menjadi buku monograf atau buku referensi.* (LP2M).

Unidha Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember atau UIN KHAS Jember (berdiri dengan nama STAIN Jember lalu berubah menjadi IAIN Jember) adalah sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Kabupaten Jember provinsi Jawa Timur, Indonesia. IAIN Jember didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H. Sebagai pengembangan dari IAIN Sunan Ampel Cabang Jember. IAIN Jember resmi berganti status dan nama menjadi UIN K.H. Achmad Siddiq Jember berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2021 tanggal 11 Mei 2021. UIN Jember diberi nama K.H. Achmad Siddiq, seorang ulama yang pernah menjabat sebagai Rais \\\\\\\'Aam Syuriah Nahdlatul Ulama dan perintis pendirian UIN Jember.
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube