header-int

IAIN Jember Terjunkan Mahasiswa Ikuti KKN Brantas Tuntas di Kota Batu Malang

Kamis, 26 Des 2019, 12:48:24 WIB - 995 View
Share
IAIN Jember Terjunkan Mahasiswa Ikuti KKN Brantas Tuntas di Kota Batu Malang

LP2M - Sebanyak 13 mahasiswa IAIN Jember berpartisipasi dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Se Jawa Timur “Brantas Tuntas”. Program KKN ini digagas oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang bertujuan untuk memulihkan lingkungan terutama di bagian hilir Sungai Brantas. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Pemprov Jatim bekerja sama dengan 16 Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Timur. IAIN Jember juga turut ambil bagian dengan mendelegasikan sebanyak 13 mahasiswa, 7 mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora (FUAH) dan 6 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Hari ini, Kamis (26/12/2019), 4 mahasiswa IAIN Jember didampingi Haryu, S.Ag., M.Si (Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M) dan Nukman Hakim, S.Pd.I (staf LP2M) menghadiri acara pelepasan peserta KKN Brantas Tuntas oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang bertempat di Gedung Negara Grahadi Surabaya. KKN Brantas Tuntas ini dilaksanakan di Kota Batu Malang, dari 27 Desember 2019 sampai 27 Januari 2020.

Menurut Haryu, program KKN Brantas Tuntas ini melatih mahasiswa untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar sungai Brantas agar peduli terhadap kebersihan lingkungan. “Mahasiswa akan menjadi duta lingkungan untuk menjadikan Jatim lebih baik. KKN Kolaboratif ini juga menjadi bagian dari pengembangan ekonomi berbasis lingkungan”, ungkapnya.

Sementara itu, salah satu peserta KKN, Ahmad Irfan Afandi, menyampaikan bahwa dia tertarik mengikuti KKN ini di samping untuk mendapatkan pengalaman, juga ingin memberikan kontribusi berupa pengabdian kepada masyarakat berkaitan dengan kebersihan lingkungan.

13 mahasiswa dari IAIN Jember akan ditempatkan di desa yang berbeda, diantaranya Desa Beji, Tlekung, Torongrejo dan Dadaprejo Kecamatan Junrejo dan Desa Nganglik dan Pesanggarahan Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang.* (Dardum).

Unidha Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember atau UIN KHAS Jember (berdiri dengan nama STAIN Jember lalu berubah menjadi IAIN Jember) adalah sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Kabupaten Jember provinsi Jawa Timur, Indonesia. IAIN Jember didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H. Sebagai pengembangan dari IAIN Sunan Ampel Cabang Jember. IAIN Jember resmi berganti status dan nama menjadi UIN K.H. Achmad Siddiq Jember berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2021 tanggal 11 Mei 2021. UIN Jember diberi nama K.H. Achmad Siddiq, seorang ulama yang pernah menjabat sebagai Rais \\\\\\\'Aam Syuriah Nahdlatul Ulama dan perintis pendirian UIN Jember.
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube