header-int

IAIN Jember Jalin MoU dengan UPM Malaysia

Senin, 23 Des 2019, 20:05:42 WIB - 768 View
Share
IAIN Jember Jalin MoU dengan UPM Malaysia

LP2M - Tahun 2019 ini, IAIN Jember mengirimkan empat orang Dosen untuk melakukan Penelitian Kolaboratif Internasional. Selain ke Brunei Darussalam, dua orang Dosen juga berangkat ke negeri jiran, Malaysia, Dr. H. Mustajab, M.Ag (Sekretaris LP2M IAIN Jember) dan Dr. H. Amin Fadlillah, MA (Pengasuh Ma’had al-Jami’ah IAIN Jember).

Selain melakukan riset, dua Dosen IAIN Jember tersebut menjalin MoU dengan Universitas Putra Malaysia (UPM) terkait dengan pengembangan kelembagaan dari kedua Perguruan Tinggi. Mustajab menuturkan bahwa MoU tersebut dapat membuka peluang kerja sama antar Perguruan Tinggi di bidang praktik mengajar, penguatan skill bagi tenaga kependidikan, kerjasama riset dan kerjasama konferensi internasional.

Kegiatan riset dan kunjungan di Malaysia ini dilaksanakan sejak tanggal  21 sampai 24 Desember 2019. Mustajab dan Amin juga berkunjung ke Universitas Pendidikan Sultan Idris, Perak Malaysia bertemu dengan Prof. Azlan. Selain itu, mereka juga bertemu dengan ketua Organisation of Malaysian Islamic Wisdom (OMIW), Pertubuhan Kearifan Islam Malaysia, Datuk Aziz Jamaluddin.

“Mewakili IAIN Jember, saya merasa senang dan bangga bisa menjalin kerjasama baik dengan Perguruan Tinggi maupun dengan tokoh agama di Malaysia terkait dengan pemahaman moderasi agama dengan segala persamaan dan perbedaan dalam pelaksanaannya. Keseriusan masyarakat Malaysia dalam melaksanakan ajaran agama patut diapresiasi dan dicontoh oleh masyarakat Indonesia, khususnya civitas IAIN Jember”, papar Mustajab. (Dardum).

Unidha Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember atau UIN KHAS Jember (berdiri dengan nama STAIN Jember lalu berubah menjadi IAIN Jember) adalah sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Kabupaten Jember provinsi Jawa Timur, Indonesia. IAIN Jember didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H. Sebagai pengembangan dari IAIN Sunan Ampel Cabang Jember. IAIN Jember resmi berganti status dan nama menjadi UIN K.H. Achmad Siddiq Jember berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2021 tanggal 11 Mei 2021. UIN Jember diberi nama K.H. Achmad Siddiq, seorang ulama yang pernah menjabat sebagai Rais \\\\\\\'Aam Syuriah Nahdlatul Ulama dan perintis pendirian UIN Jember.
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube