header-int

Camat Silo Terima 75 Mahasiswa KKN IAIN Jember

Rabu, 29 Jan 2020, 15:24:48 WIB - 1218 View
Share
Camat Silo Terima 75 Mahasiswa KKN IAIN Jember

LP2M - Mulai tahun ini, IAIN Jember akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dua kali dalam setahun. Untuk pelaksanaan KKN gelombang I tahun ini ditempatkan di Kecamatan Silo dan Jelbuk, Kabupaten Jember dan Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang. Hari ini (29/01/2020), secara serentak seluruh peserta KKN di terjunkan di 3 kecamatan sekaligus.

Ada 75 mahasiswa yang diterjunkan di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo. Mereka ditempatkan di 5 dusun, yaitu Baban Tengah, Baban Timur, Baban Barat, Silosanen dan Batu Ampar. Acara penyerahan bertempat di Balai Desa Mulyorejo. Hadir dalam acara tersebut, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M, Dr. H. Ubaidillah, M.Ag, Kasubag TU LP2M, Abdul Hafit, S.Sos, Tim LP2M, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Camat Silo, Muspika Silo dan perangkat Desa Mulyorejo.

Dalam sambutannya, Ubaidillah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Camat, Kepala Desa dan Muspika Silo yang sudah berkenan menerima mahasiswa untuk melaksanakan KKN di Desa Mulyorejo, Silo selama satu bulan. “KKN adalah menifestasi dan implementasi ilmu selama di bangku Kuliah. Pelaksanaan KKN di desa seperti ini adalah KKN yang sesungguhnya, kalau KKN di kota itu bukan KKN namanya, tapi pindah kost saja”, jelasnya.

Ubaidillah menjelaskan bahwa salah satu tugas mahasiswa adalah agent of social changes, mahasiswa harus membuktikan diri dalam wujud pengabdian kepada masyarakat sebagai sarana amal shaleh dan ibadah. Mahasiswa juga harus menjadi fasilitator, motivator, inspirator dan problem solver bagi masyarakat untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik.

Secara simbolis 75 mahasiswa diterima langsung oleh Camat Silo, Nunung Ar. Beliau mengajak mahasiswa untuk membantu membangun masyarakat Silo, khususnya Desa Mulyorejo, tidak hanya secara fisik, tapi membangun jiwa dan kesadaran yang paling utama.* (dardum/anshori/roy).

Unidha Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember atau UIN KHAS Jember (berdiri dengan nama STAIN Jember lalu berubah menjadi IAIN Jember) adalah sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Kabupaten Jember provinsi Jawa Timur, Indonesia. IAIN Jember didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H. Sebagai pengembangan dari IAIN Sunan Ampel Cabang Jember. IAIN Jember resmi berganti status dan nama menjadi UIN K.H. Achmad Siddiq Jember berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2021 tanggal 11 Mei 2021. UIN Jember diberi nama K.H. Achmad Siddiq, seorang ulama yang pernah menjabat sebagai Rais \\\\\\\'Aam Syuriah Nahdlatul Ulama dan perintis pendirian UIN Jember.
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube