lppmuinjember@gmail.com 085204552324

60 MAHASISWA IKUTI RKM DI BABAN SILO

Home >Berita >60 MAHASISWA IKUTI RKM DI BABAN SILO
Diposting : Kamis, 26 Dec 2019, 12:22:50 | Dilihat : 795 kali
60 MAHASISWA IKUTI RKM DI BABAN SILO


LP2M - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Jember kembali melaksanakan kegiatan Riset Kolektif Mahasiswa (RKM) tahun 2019 yang bertempat di Dusun Baban Tengah, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo. Sebanyak 60 mahasiswa dari semua Prodi di lingkungan IAIN Jember menjadi peserta dalam kegiatan tersebut. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 2 sampai 7 Desember 2019.

Ketua LP2M, H. Moch. Imam Machfudi, Ph.D menyampaikan bahwa tujuan kegiatan RKM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan riset mahasiswa sekaligus melatih mereka untuk menyusun laporan penelitian yang berkualitas. “Setelah menggali data selama 5 hari di lapangan, semua peserta RKM diminta untuk menyusun laporan hasil penelitian dan menyerahkan ke LP2M dalam bentuk soft copy dan hard copy,” papar beliau.

Rangkaian kegiatan RKM dimulai dengan pembukaan dan pelepasan peserta RKM oleh Warek III IAIN Jember, Dr. Hefni, M.Ag dan dilanjutkan dengan pembekalan metodologi riset oleh Ketua LP2M, H. Moch. Imam Machfudi, Ph.D yang bertempat di GKT lantai 2 IAIN Jember (Senin, 2 Desember 2019). Selanjutnya, hari Selasa, 7 Desember 2019, seluruh peserta RKM berangkat ke lokasi di Dusun Baban Tengah, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo.

Rektor IAIN Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, S.E., M.M turut mengantar peserta RKM ke lokasi dan memberikan sambutan dalam acara pembukaan di Balai Desa Mulyorejo, Kec. Silo. Dalam sambutannya, Rektor menegaskan bahwa Dusun Baban ke depannya akan dijadikan sebagai Dusun dampingan atau binaan kampus IAIN Jember. Bahkan beliau mengharap kegiatan KKN tahun 2020 ditempatkan di Dusun Baban tersebut. Hadir pula dalam acara pembukaan RKM Kepala Kementerian Agama Kab. Jember, H. Muhammad, S.Sos., M.Pd.I dan Kasi Penyelenggara Syari’ah Kemenag Jember, H. Muhammad Muslim, S.Ag., M.Sy.

Selama 5 hari di Dusun Baban Tengah, peserta RKM tinggal di PP. Al-Isti’dadul Akhiroh yang diasuh oleh KH. Abdul Walid Rasyidi. Peserta RKM melakukan riset sesuai dengan disiplin keilmuan masing-masing. Mereka juga didampingi oleh Tim LP2M yang juga memberikan materi tentang bagaimana menggali data di lapangan, teknik wawancara dan observasi, analisa data hingga penarikan kesimpulan. Setiap malam kegiatan diisi dengan evaluasi dan diskusi terkait data dan informasi yang sudah digali dari informan di lapangan. Salah satu pendamping dari LP2M, Zainal Anshari, M.Pd.I menuturkan bahwa banyak hal menarik yang diteliti oleh mahasiswa di Dusun Baban ini berkaitan dengan persoalan sosial keagamaan, ekonomi, pendidikan, dan sebagainya.* (Dardum).

Berita Terbaru

Dukung Dasacita Rektor, LP2M Adakan Workshop Penyusunan Kurikulum Moderasi Beragama
28 Mar 2024By oprlppm
Jemput Perbaikan Kinerja, LP2M Terima Audit SPI Semester Pertama Tahun 2024
07 Mar 2024By oprlppm
ANTISIPASI RADIKALISME 150 Dosen & Tendik UIN KHAS Jember Ikuti Sosialisasi Moderasi Beragama
05 Mar 2024By oprlppm

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;